Tips cara memilih AC yang baik dan hemat listrik

folder_openArtikel
commentNo Comments

Memilih AC yang benar perlu kita perhatikan karena jika salah memilih AC maka akan sangat merugikan kita sendiri. Berikut ini adalah tips atau cara memilih AC yang benar:

Step Pertama
Amankah daya dan instalasi listrik dirumah anda

  1. Amankah daya yang terpasang dirumah anda saat ini jika dipasang ac..? termasuk saat terjadi starting pertama AC dihidupkan.
  2. Jika usia instalasi listrik rumah anda diatas 10 Tahun sebaiknya panggil instalatir untuk mengeceknya karena daya listrik yang dibutuhkan satu AC cukup besar, sehingga ditakutkan terjadinya overload pada kabel/ memanasnya kabel yang menimbulkan konslet.

Step Kedua

Jika anda memiliki budget lebih coba pikirkan untuk AC inverter.

  • AC inverter hemat jika Ruang tersebut tertutup/tidak banyak aktifitas keluar masuk pintu yang akan menyebabkan tidak akan tercapainya suhu yang diinginkan dan membuat AC lebih boros dibandingkan non inverter.
  • AC Non inverter hemat jika Perhitungan PK dan penyetelan suhu yang tepat.
  • AC non inverter direkomendasikan untuk ruangan yang banyak aktifitas keluar masuk pintu, karena kerja kompressor tetap sama tanpa ada kenaikan Watt (daya). AC inverter memakai 3 Kabel ~ power to outdor unit.

Step Ketiga

  • Tentukan Unit indoor dan outdoor yang akan dipasang. Jika rumah anda memakai fentilasi/jendela, tutup dengan karton/plastik untuk meningkatkan efisiensi AC tersebut. Untuk unit indoor sebaiknya tidak diletakan diatas pintu dan panjang pipa tidak lebih dari 15 meter dari indoor ke Outdoor. Hal yang terpenting pada orang yang baru memasang AC. AC ini mengeluarkan air hasil kondensasi sebaiknya tentukan pemasangan pipa pembuangannya juga. Untuk menghindari getaran unit outdoor jangan letakan outdoor setembok dengan indoor. Untuk unit outdoor sebaiknya diletakan diruang terbuka dan dapat dijangkau untuk dimaintance.

Step Keempat

  1. Pilih AC yang memiliki fitur kesehatan, seperti Plasma Filter, plasmacluster, plasmaster, nanoe-g. Mengapa..? Fitur tersebut dapat menghindari terjadinya pertumbuhan virus, bakteri dan jamur walaupun tidak semua bakteri tersebut mati, namun setidaknya 85% ruang tersebut steril dari bakteri dan virus. Terutama jika ruangan tersebut ada Bayi wajib halnya memilih AC yang berteknologi health care.
  2. Pilih AC yang memiliki flat panel yang memungkinkan serasi dengan design ruangan anda.
  3. Pilih AC yang memiliki fitur Quiet , Quiet bekerja akan mengurangi suara kecepatan kipas unit indoor dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.
  4. Pilih AC yang memiliki auto 4 wind, air flow yang memungkinkan udara akan didistribusikan keseluruh ruangan, swing akan keatas-kebawah dan kekiri-kekanan secara otomatis.
  5. Pilih AC yang memiliki fitur auto cleaning, auto cleaning akan mengeringkan unit indor secara otomatis ketika unit AC di matikan.
  6. Pilih AC yang memiliki fitur low voltage, low voltage berguna pada listrik rumah yang mengalami gangguan voltage yang tidak stabil.
  7. Pilih AC yang memiliki anti korosi pada indoor dan outdoor

Steep kelima

  1. Pilihan Type dan Model Sesuai keingingnan anda, pilihlah AC yang memiliki EER tinggi namun dengan BTU/h yang standar.Coba kita ambil contohPada AC LG Hercules Mini 260 Watt hanya memiliki 4.500 BTU/h yang artinya AC ini di pakai pada ruangan yang memiliki ukuran tidak lebih dari 10 m2. Jika daya rumah di bawah 900 VA lebih baik memilih ac dengan tipe lowwat seperti AC sharp sayonara panas V , sharp pada tipe ini menggunakan kondensor yang lebih besar dan Tekanan freon yang lebih tinggi +- 100 Psi untuk meningkatkan EER tanpa mengurang BTU/H nya, atau jika daya rumah di atas 1.300 dan di gunakan pada ruangan yang tertutup sebaiknya memilih brand LG, Daikin, Sharp, karena pada tiga brand tersebut meiliki CFF (Cross Flow Fan) yang lebih besar 100-110 mm dan EER yang lebih rendah

Step keenam

  1. Perhatikan dalam pemasangan AC tersebut, karena saya pernah mengalami saat pemasangan AC, freon yang seharusnya full dikurangi dengan membuang separo isi freon dalam AC saya dan tukang tersebut akan menunjukan jarum manidfold bahwa freon tersebut kurang dan meminta untuk diisi ulang.

Step ketujuh

  1. Tips hemat listrik- Atur suhu diatas 22C.- Atur kecepatan kipas pada kecepatan Medium.- Cuci filter AC setiap 1 minggu sekali.- Cuci seluruh unit indoor & outdoor setiap 6 bulan sekali.- Lakukan pengecekan/maintance unit setiap 10 Bulan sekali untuk menghindari terjadinya overload yang akan berakibat membludaknya tagihan listrik.tips memlilih ac

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu